Pianokid ® SmartBoy

Fair-kah Menang Talent Show dari Vote Penonton ?

American Idol     Dewasa ini banyak station TV, khususnya di Indonesia sering menayangkan event talent show seperti : Indonesian Idol (RCTI), AFI (Indosiar), Idola Cilik (RCTI), American Idol (ex. Global TV). Saya sangat senang karena selain sebagai tontonan yang up to date juga semakin menunjukkan bahwa orang-orang Indonesia mempunyai talent yang baik dan tak mau kalah dengan orang-orang barat. Saya rasa penonton cukup antusias terhadap kebanyakan acara talent show yang ditayangkan televisi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya commercial break dalam acara tersebut dan juga banyak diantaranya adalah menggunakan vote SMS.

      Memang, keberhasilan sebuah acara tergantung dari antusias masyarakat, dengan kata lain ditunjukkan dari banyaknya commercial break, banyaknya peserta vote SMS, dll.

 

 

Indonesian Idol

Saya kurang setuju diadakannya vote SMS sebagai penentu dalam menang atau kalahnya kontestan dalam telent show karena :

1.  Tidak semua orang peserta vote SMS yang mengerti tentang musik, mungkin hanya beberapa orang saja yang benar-benar mengerti musik. Sehingga sebagian peserta vote memilih idolanya berdasarkan atas cantik atau tampan-nya peserta. Mereka ingin melihat idolanya tampil lagi di episode mendatang, bukan karena mereka sangat kompeten di bidangnya. Sehingga pemenang dari talent show tersebut tak ayal hanya modal tampang, bukan benar-benar ahli dalam bernyanyi.

2.  Untuk apa didatangkan para juri (yang tentunya sudah kompeten di bidangnya). Apakah mereka cuma sekedar sebagai komentator, sehingga komentar mereka dapat mempengaruhi penilaian para voter di rumah?

 

Idola Cilik

Pembelaan dari masalah ini :

1.  Vote SMS juga sangat penting bagi terselanggaranya acara, karena pembagian pendapatan dari hasil vote SMS adalah 50 : 50 untuk penyelenggara acara dan pemegang provider telepon selular.

2.  Vote SMS sebagai acuan, apakah masyarakat suka dengan kontestan. Karena sebagai idola pemirsa, kontestan akhirnya juga kembali ke masyarakat. Artinya apalah arti sebuah idola bila lagu mereka tidak bisa diterima masyarakat, ujung-ujungnya album mereka tidak laku.

 

 

Konklusi dari masalah ini :

1.  Para juri yang kompeten sebagai penentu kemenangan dari peserta talent show, dan vote SMS digunakan sebagai penentu peserta favorit pilihan pemirsa, karena event-event ini juga merupakan competition event. Jadi, pemenangnya bukan hanya modal tampang, tapi memang benar-benar terbaik di-antara para competitor lain.

2.  Bila setiap episodenya diadakan eliminasi, tetap para jurilah yang menentukan siapa yang harus ter-eliminasi. Apabila peserta yang diputuskan juri aka ter-eliminasi tetapi memiliki vote paling tinggi, maka juri harus mengambil kebijakan dengan meng-eliminasi peserta lain yang dianggap kurang, dengan nilai vote SMS yang rendah.

Advertisements

6 responses

  1. HeLni

    Hmmm,,,seTuju bngT…..
    bLum TenTu yg pemenang iTu adaLaH yg TeRbaik…
    MasyaRakaT kiTa TeRLaLu menggunakan peRasaan dibanding Logika…
    misalnya saja,,kaLo jaLan Hidupnya menyediHkan atau menaRik,,Orang iTu pasti jadi pemenang,,pdHaL bLum Tentu suaRanya iTu bagus… kLO kya gini ini yg q kurang suka…
    kLo mank acaranya iTu buaT mencari penyanyi,,,knapa yg diniLai iTu jaLan Hidupnya bukan suaRanya atau nyanyiannya?!?!?
    sebaiknya emank voTe SMS digunakan untuk peserta favorit,,bukan untuk menenTukan peseRta Terbaik atau pemenang…
    So,,ini bisa dijadikan bahan peRtimbangan juga buaT Pihak manapun yang ingin mengadakan acara2 kya gini Lagi…
    =)

    December 8, 2009 at 5:30 am

  2. jokosembodo

    betul2 …
    hehe …

    December 8, 2009 at 2:36 pm

  3. setuju bgt….

    sangat disayangkan sekali segi musikalitas nya pun sudah tidak diperdulikan lagi…

    kalau begini jadinya, bukan musisi namanya, melainkan hanya penghibur semata yang mengharapkan belas kasihan dari para dermawan (kasarnya mngkn begitu,,hehehe)

    March 25, 2010 at 1:19 pm

    • jokosembodo

      hahaha …
      bener banget ghie …
      absolutely stuju ma pendapat lo …
      ^.^b

      April 28, 2010 at 2:10 am

  4. ya dan tidak, namun keduanya memantik emosi.
    kalau aku jadi pesertanya pasti minta berdasarkan juri saja, hehehe
    kalau aku jadi penonton atau supporter, aku pasti setuju kalau berdasarkan result vote sms, karena semua kontestan tentu karyanya kembali untuk dinikmati masyarakat dan keuntungan dinikmati penyelenggara maupun kontestan pemenang.
    kesimpulannya udah kayanya, tapi yang pasti, yang menurut juri jelek, bisa dipastikan nasib mereka melalui voting sms maupun telp* dari masyarakat, gitu 🙂

    July 28, 2010 at 5:25 am

    • jokosembodo

      Thanks komentarnya …

      emang sich, akhir2 ni udah diterapkan rules lain dalam penjurian talent show seperti ini …
      sebut saja IMB ma indonesian idol … mereka udah menerapkan rule baru, yaitu ‘hak veto’ …

      hak veto disini adalah kekuasaan juri untuk menolak hasil vote sms, apabila salah satu peserta mendapatkan vote terendah,tetapi menurut juri masih layak untuk berlaga di event tersebut …
      ini juga merupakan salah satu konklusi dari masalah fairkah menang talent show dari vote penonton …

      ^.^ best regards for you,

      July 31, 2010 at 11:23 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s